Cara Mendapatkan Model Foto Free

Sobat BFUP - Bagi pemula di dunia fotografi untuk mendapatkan seorang model itu sangat susah dikarenakan belum luasnya jaringan. Apa manfaat untuk kita ??. Pertama gratis (tanpa membayar model). Kedua (pengalaman) semakin sering menggunakan kamera semakin lihai mata dan tangan kita menghasilkan foto yang menakjubkan.

Cara Mendapatkan Model Foto Free

Mungkin jika dibandingkan dengan fotografer profesional mereka tidak lagi mencari model tapi malah model yang mencari mereka untuk minta foto (itu bedanya). Bagi kita sebagai fotografer pemula dan ingin naik tangga atau naik daun pastinya memerlukan beberapa sampel foto, mulai dari perorangan, couple, wedding, dll yang nantinya untuk dijadikan portofolio untuk menawarkan jasa yang kita jual sebagai seorang fotografer.

Tentunya dalam hal mencari model tidak semuanya gratis pasti ada hal saling menguntungkan. Untuk model misalnya mendapatkan file-file fotonya yang nanti bisa di cetak atau di posting disosial media dan sedangkan untuk si fotografer sebagai pembelajaran (pengalaman) serta memperbanyak portofolio. Adapun tipsnya sebagai berikut  :
  • Mulai dari teman-teman, keluarga atau orang dekat. Ajak mereka untuk sekedar happy hunting (ini berhasil berdasarkan pengalaman saya sendiri) dan pasti teman yang lain minta fotoin juga.
  • Jangan pasang tarif (free) ini untuk memperbanyak link atau jaringan sobat agar lebih dikenal orang (untuk bisa dikenal orang banyak itu sangat sulit) sayapun masih merasakan pahitnya.
  • Setelah sesi pemotretan jangan langsung memberikan hasil file foto kepada model tapi sehari sesudahnya. Gunanya pada waktu sehari tersebut gunakan waktu untuk memilih dan memilah man foto yang bagus dan yang tidak baik itu blur atau miss fokus, dll. Berikan hanya file foto terbaik untuk model (agar simodel senang) dan menghubungi kita lagi.
  • Komunikasi, bangun komunikasi yang baik antara kita dengan simodel. Misalkan model adalah orang yang baru kita kenal atau teman SD kita dulu pasti suasana akan sangat berbeda (buat suasana meleleh jangan buat semakin tegang) ini akan berpengaruh dengan hasil foto nanatinya, usahakan buat simodel selalu tersenyum atau tertawa.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan dari pengalaman saya sendiri untuk mendapatkan model gratis sobat. Ingat !! guru berharga adalah pengalaman. Gunakan masa muda kita sebaiknya agar menjadi sejarah yang indah di masa tua kelak.
Previous
Next Post »